FYI

Terimakasih untuk yang pernah baca tulisan-tulisan saya sebelumnya, 2 tahun terakhir saya jarang aktif menulis, dan setelah sekarang saya pindah ke MANDIRI SEKURITAS / ONLINE saya terpanggil untuk aktif menulis kembali sehingga bisa menemani para newbie (seperti saya) dalam mengenal investasi saham, tentunya dengan harapan bisa bermanfaat.

Wasallam


Dani
Blog www.onlinetradingclub.co.cc
08128110633 / 0815-86435537
PIN BB : 2105FC9A
YM : dun_boston@yahoo.com

FORUM ONLINE TRADING

Sabtu, 30 Agustus 2008

Mencari Karakter Trading yang sesuai

KARAKTER TRADING

Trading menurut orang-orang yang sudah pengalaman dalam dunia saham ini adalah Trading adalah seni untuk menerapkan serangkaian aturan serta metode dan menempatkan suatu probabilitas yang dibatasi dengan hasil analisa kedalam serangkaian peristiwa mekanisme pasar, ada beberapa hal yang penting untuk disiapkan dalam memahami Trading Market.

Hal yang bisa kita terapkan adalah :

1. Tujuan Harus Realistis dan Terukur.

Kita harus mengukur tujuan dalam trading haruslah sesuai dengan Kapabilitas kita, sesuai dengan ilmu yang kita miliki, besar uang yang kita investasikan, dan pengalaman yang sudah kita miliki, saya ibaratkan Trading itu adalah Olahraga Tinju, harus berjenjang dari Mulai Kelas, Menengah, dan kelas Berat…, dalam hal ini aktifitas trading kita seberapapun besar jumlah uang kita, haruslah dimulai dengan trading yang aman dulu sesuai dengan kapasitas pengetahuan trading kita. Disiplin dan selalu konsisten dalam menerapkan suatu metode analisa, jadi kita selalu melakukan metode yang rasional dan metode yang mempunyai tolak ukur dan bisa diperbaiki hari demi hari nya.

2. Manajamen Keuangan.

Dalam kita bertransaksi, kita juga harus mengukur sejauh mana rasio dan resiko yang mampu kita hadapi. Jadi kita setiap transaksi tidak seperti berada dalam situasi antara Hidup dan Mati, hal ini penting supaya kita mempunyai kepercayaan diri, disiplin dan optimisme dalam meraih sukses bertransaksi.

3. Deteksi Diri.

Ada beberapa tipe orang yang bisa dibedakan menurut gaya transaksi dan waktu yang digunakan untuk Membeli dan menjualnya.

Ada Tipe-Tipe

TIPE INVESTOR : Seseorang yang membeli saham dan akan dijual di kemudian hari dengan waktu yang lama, dengan harapan harga saham tersebut mengalami kenaikan yang signifikan, contoh INVESTOR yang terkenal adalah Bapak Warren Buffet, beliau memberikan Tips untuk menjadi seorang investor:

  • Jangan pernah membeli saham yang tidak anda kenali perusahaan atau bidang usahanya.
  • Resiko dapat dikurangi dengan cara hanya konsentrasi pada bisnis yang anda kenali.
  • Beli saham perusahaan dengan latar belakang sejarah kinerja perusahaan tersebut dalam meraih laba.
  • Anda tidaklah dibenarkan atau disalahkan oleh orang banyak kecuali alasan yang anda miliki menunjukan kebenaran yang sebenar-benarnya.
  • Pusatkan perhatian hanya kepada tingkat pengembangan modal, bukan pada laba persaham.

TIPE TRADER : Kita melakukan pembelian saham dan menjualnya dengan tujuan untuk meraih keuntungan dalam waktu singkat, hanya dalam waktu hitungan menit,jam atau hari dan paling lama seminggu, dan tipikal seperti ini harus siap dengan HIGH RISK HIGH RETURN dan harus membekali diri dengan ilmu trading yang bagus.

Ada beberapa hal penting yang harus disiapkan, yaitu Hapalkan beberapa karakter saham sampai kita kenal betul karakternya, sadari karakter trading yang kita punya dan cari saham yang sesuai dengan karakter trading kita, dan selalu memegang disiplin style trading dan jangan mencoba merubahnya, karena seberapapun hebatnya kita.., trading kita akan rusak. Sama halnya dengan seorang pelatih sepak bola yang menaruh Striker Handal menjadi seorang penjaga gawang, maka gawangnya akan kebobolan terus. Tipe-tipe trader itu ada beberapa macam, bisa dibaca dalam postingan saya sebelumnya “Putuskan menjadi Trader atau Investor”. (ini hanya sebatas sharing... jadi anda dibebaskan untuk tidak setuju).

Salam



Dani
YM/email : dun_boston@yahoo.com

Tidak ada komentar: